Finansial

Intip 5 Cara Cerdas Melunasi Hutang yang Perlu Kamu Tahu

Bagaimana cara cerdas melunasi hutang? Hutang merupakan salah satu masalah keuangan yang sering dihadapi oleh banyak orang. Hutang bisa berasal dari berbagai sumber, seperti dari pinjaman bank, kartu kredit, kredit tanpa agunan, rentenir, atau bahkan teman dan keluarga. Membiarkan hutang terlalu lama tentu bisa memberatkan kamu di kemudian hari.

Bahkan ada beberapa kasus yang membuat seseorang mengalami stres, depresi, konflik, bahkan mengalami kebangkrutan akibat hutang. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki strategi cara cerdas melunasi hutang dalam waktu cepat.

Baca Juga : Cara Mempersiapkan Dana Darurat, Penting Untuk Keperluan Mendesak!

Cara Cerdas Melunasi Hutang

Cara Cerdas Melunasi Hutang

Ini cara cerdas melunasi hutang yang bisa kamu coba praktekkan di bawah ini!

1. List Hutang yang Kamu Punya

Pertama yang harus kamu lakukan yaitu dengan mengetahui berapa banyak hutang yang kamu miliki, dari siapa kamu berhutang, berapa bunga yang diwajibkan dan cicilan yang harus kamu bayar, dan kapan jatuh tempo hutang.

Buatlah daftar hutang dengan rinci dan urutkanlah mulai dari yang terbesar hingga terkecil. Selain itu kamu juga bisa menggunakan aplikasi atau software yang bisa membantu dalam mengelola hutang yang kamu miliki.

2. Buat Anggaran Bulanan

Silakan buat anggaran bulanan, didalamnya mencakup seluruh penghasilan dan pengeluaran yang kamu keluarkan. Anggaran ini bisa membantumu mengetahui berapa banyak uang yang bisa kamu sisihkan untuk membayar hutang setiap bulannya.

1 2 3 4 5Next page

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button