Tips

7 Cara Membersihkan Speaker Hp dengan Benar

Ketika kualitas suara speaker di ponsel mengalami masalah atau kurang maksimal, sudah saatnya kamu meluangkan waktu membersihkan speaker hp. Namun, bagaimana cara membersihkan speaker hp dengan benar?

Ketika speaker digunakan terus menerus, biasanya membuat permukaan pada speaker akan menarik debu dan juga kotoran. Lalu jika tidak membersihkannya dalam waktu yang cukup lama, maka lapisan debu bisa menembus dan menempel ke bagian permukaan.

Karena hal di atas, tentu saja membuat speaker menjadi tidak bisa bekerja secara maksimal. Walaupun membersihkan ponsel terbilang mudah, namun membersihkan speaker ponsel nyatanya memerlukan banyak perhatian.

Cara Membersihkan Speaker Hp dengan Benar

Sebetulnya untuk membersihkan speaker hp cukup rumit, namun tidak ada salahnya jika kamu mencoba beberapa metode di bawah ini jika ingin membersihkan speaker hp dengan benar.

Cara 1 : Membersihkan Speaker Hp dengan Sikat Gigi

Cara membersihkan speaker hp dengan benar pertama, yaitu memakai sikat gigi. Untuk langkah-langkah yang bisa kamu lakukan berikut ini :

1. Bersihkan Tangan

Langkah pertama, cuci atau bersihkan tangan terlebih dahulu. Tujuannya agar partikel debu dan kotoran di tangan tidak berpindah ke ponsel kamu. Sesudah membersihkan tangan, kamu harus mengeringkan terlebih dahulu memakai kain atau handuk yang bersih.

2. Matikan Ponsel

Untuk membersihkan hp, kamu harus mematikan hp. Langkah ini sangat penting karena membiarkan ponsel tetap menyala ketika dibersihkan justru bisa merusak.

3. Memakai Sikat Gigi yang Lembut

Jika hp sudah dimatikan, selanjutnya mulai bersihkan hp. Di sini kamu memerlukan sikat gigi berbulu lembut. Gunakan sikat gigi halus dan bekas yang pernah digunakan sebelumnya.

4. Sikat Bagian Port Speaker

Silakan cek ponsel untuk mendapatkan port speaker. Jika kamu memakai sikat gigi, pastikan menggosoknya dengan lembut. Jangan membersihkan speaker ponsel terlalu keras, sebab apabila bulunya masuk justru bisa merusak speaker. Sikat speaker hp dengan lembut agar partikel debu dan kotoran hilang.

5. Goyangkan Hp

Jika kamu telah membersihkan kotoran, silakan goyangkan ponsel dengan lembut agar kotoran dan debu yang tersisa hilang.

6. Bersihkan Hp

Selanjutnya bersihkan ponsel untuk memastikan kotoran dan debu tidak ada yang tersisa. Silahkan ambil kain yang lembab. Teteskan cairan untuk mencuci piring sedikit saja ke dalam air, lalu celupkan kain ke campuran tersebut. Bersihkan ponsel secara merata.

7. Bersihkan Bagian Jack Headphone

Apabila ada kotoran pada bagian jack headphone, kamu dapat membersihkan bagian ini. Kamu bisa memakaiĀ cotton bud yag tipis kemudian dorong ke bagian dalam lubang.

1 2 3Next page

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button