Religi

16 Cara Mendidik Anak Menurut Agama Islam

Anak adalah titipan yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat manusia. Oleh karena itu, sebagai orang tua kita harus membimbing anak dengan benar dengan cara mendidik anak menurut agama Islam.

Para orang tua perlu mempersiapkan diri anak agar bisa menghadapi kehidupan baik di dunia maupun di akhirat. Dengan begitu, tiap-tiap orang tua perlu memberikan bekal kepada anak agar mereka bisa bergaul di masyarakat dengan baik, serta kelak mendapatkan bekal dengan cukup untuk di akhirat nanti.

Cara Mendidik Anak Menurut -Agama Islam

Cara Mendidik Anak dalam Agama Islam

 

Lantas, bagaimana cara mendidik anak menurut agama Islam? Berikut panduan yang bisa anda lakukan untuk membimbing dan mendidik anak agar menjadi anak yang sholeh dan sholehah :

1. Selalu Berdoa Untuk Anak

Pertama, anda harus selalu berdoa dan memberikan doa yang baik kepada anak. berdoa bukan hanya dilakukan saat anak sudah lahir saja. Tapi saat anak sedang di dalam rahim atau kandungan, sebaiknya orang tua harus mendoakan agar menjadi anak sholeh dan sholehah, serta menjadi generasi yang baik, entah itu menurut agama maupun negaranya.

2. Pemberian Nama Anak yang Baik

Nama yang diberikan kepada anak, ibarat harapan dan doa. Oleh karena itu, mulailah dengan memberikan nama yang bagus dan baik kepada anak. Anda dapat memilih nama-nama yang terdapat dalam Al-Quran. Atau bisa saja memberi nama sesuai dengan nama sahabat nabi atau orang-orang tersayang nabi. Melalui harapan, agar anak memiliki akhlak yang baik dan berperilaku terpuji.

3. Mengajarkan Sholat

Anda juga harus mengajarkan sholat kepada anak-anak dan meminta anak mendirikan sholat tepat waktu. Sholat bisa dibilang sebagai pilar utama keimanan seorang hamba kepada Allah SWT.

1 2 3 4 5Next page

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button