Finansial

PERENCANAAN KEUANGAN UNTUK ORANG TUA BARU

Memiliki anak adalah awal dari petualangan yang menyenangkan tetapi juga penuh tanggung jawab. Sebagai orang tua, anda harus mengasuh dan mengajari anak Anda, serta memenuhi kebutuhan mereka. Berikut beberapa saran yang dapat membantu Anda mempersiapkan diri untuk perencanaan keuangan yang akan datang.

Perencanaan Keuangan

1. Mempertimbangkan Tujuan Keuangan Baru Anda

Setelah memiliki anak, Anda pasti sudah mempertimbangkan banyak hal untuk membantu anak Anda berkembang. Untuk mencapai hal ini, perlu membuat tujuan keuangan baru yang dapat disesuaikan dan dapat ditentukan dalam jangka waktu. Misalnya, dalam jangka waktu dekat, perlu menyiapkan biaya untuk vaksin dan pengobatan medis, serta merencanakan asuransi kesehatan.

Namun, rencana jangka menengah digunakan untuk tujuan keuangan yang berlangsung selama 2 hingga 5 tahun, seperti membayar umroh atau menikmati liburan bersama keluarga. Tujuan keuangan jangka panjang yang dapat Anda rencanakan seperti mempersiapkan asuransi pendidikan, dana pensiun, antara lain, adalah yang paling penting.

Seperti yang diketahui, biaya pendidikan di Indonesia sangat tinggi karena inflasi. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempersiapkan dana untuk pendidikan sejak awal. Semua rencana tersebut dapat menjadi pemicu agar Anda dan pasangan lebih bijak dalam mengelola keuangan serta fokus dalam mencapai tujuan finansial keluarga.

2. Susun Daftar Pengeluaran Bulanan yang Dibutuhkan

1 2 3Next page

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button