Pendidikan

Situational Judgement Test (SJT), Apakah Itu dan Bagaimana Langkah-Langkahnya

Panduan Singkat Situational Judgement Test (SJT) dan Langkah yang harus Dilakukan

technews.otoinfo.id Dalam dunia seleksi kepegawaian dan penilaian kompetensi, Situational Judgement Test (SJT) telah menjadi alat yang semakin populer. Test ini menawarkan pandangan yang mendalam tentang bagaimana seseorang mengatasi situasi kerja yang nyata. Dengan mengukur tanggapan seseorang terhadap berbagai skenario, SJT membantu para pengambil keputusan menilai keterampilan interpersonal, pemecahan masalah, dan kemampuan pengambilan keputusan. Namun, apa sebenarnya SJT, dan apa langkah-langkahnya? Mari kita telusuri lebih lanjut.

Situational Judgement Test (SJT): Apa, Mengapa, dan Bagaimana Anda Memperoleh Keunggulan dengan Tes Ini

SJT (Situational Judgement Test) merupakan salah satu alat untuk mengukur kompetensi berdasarkan gambaran perilaku yang dipilih individu pada suatu peristiwa yang menggambarkan bagian pelaksanaan tugas sehari-hari. Peserta tes akan diberikan soal cerita situasi kerja dimana peserta akan menganalisis,  menilai, dan merespon dalam tindakan/perilaku tertentu.

Ujian ini dirancang untuk mengukur kompetensi peserta dalam setting peran yang relevan atau setting kerja. SJT mendorong peserta untuk menggunakan penilaian mereka mengenai perilaku efektif dalam  menghadapi situasi tertentu, bukannya fokus pada pengetahuan atau keterampilan. Rangkaian ujian SJT ini didasarkan kepada PERMENPAN RB Nomor 38 Tahun 2017 yang berisi:

1. Pedoman Pembentukan dan Tugas Tim Penyusun Kamus Kompetensi Teknis

  • Menyusun pedoman pembentukan tim penyusun kamus kompetensi teknis
  • Menyusun pedoman dan tata cara penyusunan kamus kompetensi teknis

2. Pengertian Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara

  • Standar Kompetensi ASN adalah deskripsi pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang diperlukan seorang ASN dalam melaksanakan tugas jabatan
  • ASN adalah profesi bagi pegawai negeri

3. Kompetensi Manajerial

  • Integritas: bertindak sesuai nilai, norma, dan etika organisasi
  • Kerjasama: berpartisipasi dalam kelompok kerja

4. Persyaratan Jabatan

  • Meliputi pendidikan, pelatihan, pengalaman kerja, pangkat, dan indikator kinerja jabatan

Mengerjakan Situational Judgement Test (SJT)

Setelah peserta melaksanakan seleksi administrasi dan telah dinyatakan Lulus, maka selanjutnya peserta diharuskan melakukan atau mengerjakan sebuah tes yang bernama Situational Judgement Test (SJT). Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan peserta untuk melaksanakan SJT :

1 2 3Next page

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button